MENGENAL APA ITU IOS?

•Pada dasarnya IOS merupakan sistem operasi mobile seperti Android, jadi kita bisa juga menganggapnya sebagai nyawa dari perangkat. Secara fungsi keduanya amat mirip, tapi cara kerjanya sangatlah berbeda. Salah satu contohnya, di android ada istilah Launcher aplikasi, sedangkan di IOS tidak; semua icon aplikasi akan ditsmpilkan dilayar utama (Homescreen)

•Perbedaan kedua yang cukup mencolok adalah, Android dikembangkab dengan konsep open-source, sedangkan IOS dikembangkan secara tertutup oleh Apple sendiri, tanpa campur tangan dari luar.

•Namun demikian, sejak IOS 9, Apple telah sedikit berubah haluan menjadi lebih ‘terbuka’ bagi para pengembang aplikasi. IOS versi terbaru itu memperkenalkan Fitur widget pada bagian Notification Center. Seperti yang kita tahu, Widget merupakan salah satu fitur andalan Android selama bebrapa tahun.

•Kehadiran Vitur Widget inipun membuka potensi IOS menjadi lebih luas lagi dengan bantuan aikasi pihak ketiga. Menggunakan aplikasi Launch Center Pro misalnya, pengguna IOS pada dasarnya bisa mendapatkan Fitur Launcher aplikasi pada Notification Center, atau bahkan akses cepat untuk mengaktifkan fungsi-fungsi tertentu diberbagai aplikasi.

Perbedaan yang ketiga, IOS tidak mengenal tombol “Back”, yang biasa disimbolkan dengan tanda panah ke kiri di Android, baik dalam wujud tombol fisik atau Virtual.
Perangkat iOS cuma memiliki satu tombol “Home” saja, yang fungsinya untuk keluar dsri aolikasi.

•Ada banyak keuntungan dan kerugian dari perbedaan-perbedaan ini. Maka dari itu, yang sangat sulit memperdebatkan mana yang lebh bagus karena dari cara kerjanya saja sudah sangat-sangat berbeda.

●SEJARAH DAN VERSI-VERSI IOS
Pada awalnya iOS punya nama yang berbeda, yaitu iPhone OS. Versi pertamanya diumumkan bersama dengan iPhone orisinil pada 9 januari 2007. Almarhum Steve Jobs pada saat itu menjelaskan bahwa iPhone OS X milik perangkat MAC sebagai dasarnya.

Versi perdana iPhone OS ini tidak dilengkapi App Store. Semua aplikasi yang tersedia hanya buatan Apple sendiri. Barulah di iPhone OS 2, bersamaan dengan diluncurkannya iPhone 3G pada tanggal 11 juli 2008, Apple menghadirkan dukungan Aplikas pihak ketiga beserta App store.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *